--> Kumpulan Soal-soal Tentang Manajemen dan Organisasi | Blog ILPeEkom

Friday, February 19, 2016

Kumpulan Soal-soal Tentang Manajemen dan Organisasi

| Friday, February 19, 2016
Kumpulan soal-soal Mata Kuliah Manajemen
1.      Jelaskan definisi tentang manajemen
2.      Jelaskan mengapa manajemen dibutuhkan
3.      Jelaskan kegiatan manajemen
4.      Aplikasikan kegiatan manajemen dalam bisnis secara sederhana

Jawaban!!!
1.      Manajemen adalah suatu proses planning, organizing, actuating, controling sebagai upaya anggota organisasi dan proses penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

2.      a) untuk mencapai tujuan organisasi, maksudnya hubungan antara organisasi dengan manajemen itu yaitu manajemen itu suatu jalannya suatu organisasi untuk mencapai tujuan.
b) untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.

3. Kegiatan manajemen itu meliputi antara lain perencanaan (planning) yang merupakan kegiatan awal sebelum program atau kegiatan dimulai, pengorganisasian (organizing) merupakan proses mengorganisir manusia dan sumberdaya yang lain dalam melaksanakan kegiatan organisasi, pengarahan (actuating) yang merupakan proses menggerakkan yang dilakukan oleh Manager kepada bawahannya dan pengendalian (controling) yang merupakan proses mengawasi dan mengevaluasi kegiatan organisasi.

4. mengaplikasikan kegiatan manajemen itu kedalam bisnis sederhana, saya misalkan bisnis “Rumah Makan”.
a)  Perencanaan (planning)
            didalam planning itu memiliki peran yang sangat penting, orang yang melakukan suatu bisnis rumah makan itu harus memiliki planning seperti menentukan target penghasilan anda selama 1 bulan itu misal target di 1 bulan itu 2 juta. Yang kedua yaitu strategi, baik itu strategi pemasaran seperti membuat selebaran untuk menarik orang agar bisa datang ke rumah makan kita.  Dan yang terakhir didalam planning itu menentukan sumber daya. Membutuhkan tenaga kerja yang membantu anda dalam melakukan bisnis rumah makan itu. Seperti Juru Masak, Petugas kebersihan, petugas pelayanan, petugas kasir dan karyawan dll.

b) Pengorganisasian (Organizing)
            struktur organisasi di didalam bisnis itu apa saja. Bisa dilihat gambar dibawah ini.


c) Pengarahan (Actuating)
            didalam actuating ini, biasanya seorang Manager memberikan pengarahan ke karyawan yang benar, agar bisa bekerja yang efektif dan efisien. Misal kepala bagian juru masak, memberikan pengarahan kepada karyawan juru masak itu, agar mendapatkan masakan yang enak dan disukai oleh pelanggan di rumah makan itu. Pimpin di rumah makan memberikan tugas masing-masing, contoh petugas pelayanan hanya melayani pelanggan yang mau memesan makanan yang ada dirumah makan itu, petugas kasir, tuganya hanya mengelola uang pembayaran. Setiap Manager disuatu perusahan itu harus memiliki kebijakan masing-masing, misal setiap karyawan memakai sepatu pantofel, karyawan tidak boleh merokok selama di jam kerja, dan lain-lain.

d) Pengendalian (Controling)

            Biasanya seorang Manager perusahaan itu, setiap bulanya selalu mengevaluasi setiap bagian yang telah ditentukan masing-masing oleh karyawan. Misal kepala bagian juru masak memberikan hasil evaluasinya ke Manager, apakah bagian bawahnya sudah benar belum bekerjanya. Kalau sudah benar maka biasanya Manager memberikan reward ke kepala bagian dan karyawan itu, namun jika da suatu penyimpangan kerja maka langkah pertama diberikan teguran dulu. 

Related Posts

No comments:

Post a Comment