Kumpulan soal-soal Mata
Kuliah Manajemen
1.
Jelaskan definisi tentang manajemen
2.
Jelaskan mengapa manajemen dibutuhkan
3.
Jelaskan kegiatan manajemen
4.
Aplikasikan kegiatan manajemen dalam
bisnis secara sederhana
Jawaban!!!
1.
Manajemen adalah suatu proses planning, organizing,
actuating, controling sebagai upaya anggota organisasi dan proses penggunaan
semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan.
2.
a) untuk mencapai tujuan organisasi,
maksudnya hubungan antara organisasi dengan manajemen itu yaitu manajemen itu
suatu jalannya suatu organisasi untuk mencapai tujuan.
b)
untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.
3.
Kegiatan manajemen itu meliputi antara lain perencanaan (planning) yang merupakan kegiatan awal sebelum program
atau kegiatan dimulai, pengorganisasian
(organizing) merupakan proses mengorganisir manusia dan sumberdaya yang
lain dalam melaksanakan kegiatan organisasi, pengarahan (actuating) yang merupakan proses menggerakkan yang
dilakukan oleh Manager kepada bawahannya dan pengendalian (controling) yang merupakan proses mengawasi dan
mengevaluasi kegiatan organisasi.
4.
mengaplikasikan kegiatan manajemen itu kedalam bisnis sederhana, saya misalkan
bisnis “Rumah Makan”.
a)
Perencanaan (planning)
didalam planning itu memiliki peran
yang sangat penting, orang yang melakukan suatu bisnis rumah makan itu harus
memiliki planning seperti menentukan target penghasilan anda selama 1 bulan itu
misal target di 1 bulan itu 2 juta. Yang kedua yaitu strategi, baik itu
strategi pemasaran seperti membuat selebaran untuk menarik orang agar bisa
datang ke rumah makan kita. Dan yang
terakhir didalam planning itu menentukan sumber daya. Membutuhkan tenaga kerja
yang membantu anda dalam melakukan bisnis rumah makan itu. Seperti Juru Masak,
Petugas kebersihan, petugas pelayanan, petugas kasir dan karyawan dll.
b)
Pengorganisasian (Organizing)
struktur organisasi di didalam bisnis
itu apa saja. Bisa dilihat gambar dibawah ini.
c)
Pengarahan (Actuating)
didalam actuating ini, biasanya
seorang Manager memberikan pengarahan ke karyawan yang benar, agar bisa bekerja
yang efektif dan efisien. Misal kepala bagian juru masak, memberikan pengarahan
kepada karyawan juru masak itu, agar mendapatkan masakan yang enak dan disukai
oleh pelanggan di rumah makan itu. Pimpin di rumah makan memberikan tugas
masing-masing, contoh petugas pelayanan hanya melayani pelanggan yang mau
memesan makanan yang ada dirumah makan itu, petugas kasir, tuganya hanya
mengelola uang pembayaran. Setiap Manager disuatu perusahan itu harus memiliki
kebijakan masing-masing, misal setiap karyawan memakai sepatu pantofel,
karyawan tidak boleh merokok selama di jam kerja, dan lain-lain.
d)
Pengendalian (Controling)
Biasanya seorang Manager perusahaan
itu, setiap bulanya selalu mengevaluasi setiap bagian yang telah ditentukan
masing-masing oleh karyawan. Misal kepala bagian juru masak memberikan hasil
evaluasinya ke Manager, apakah bagian bawahnya sudah benar belum bekerjanya. Kalau
sudah benar maka biasanya Manager memberikan reward ke kepala bagian dan
karyawan itu, namun jika da suatu penyimpangan kerja maka langkah pertama
diberikan teguran dulu.
No comments:
Post a Comment