--> Pengertian Manajemen Operasional | Blog ILPeEkom

Monday, September 12, 2016

Pengertian Manajemen Operasional

| Monday, September 12, 2016
Manajemen adalah suatu Proses yang didalamnya itu ada Planning, Organizing, Actuating, dan Controling.

-          Planning (perencanaan) merupakan kegiatan untuk menetapkan tujuan yang akan dicapai beserta cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut.
-          Organizing (Pengorganisasian) merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan diantara organisasi agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien.
-          Actuating (Penggerakan) merupakan kegiatan atasan menggerak bawahannya, supaya bawahannya dapat bekerja dengan baik.
-          Controllling (Pengawasan) menurut George R. Terry adalah untuk menentukan apa yang telah dicapai mengadakan evaluasi atasannya, dan mengambil tindakan-tindakan korektif, bila diperlukan , untuk menjamin agar hasil sesuai dengan rencana.

Operasional adalah proses.
Faktor Produksi itu terdiri dari : tenaga kerja (SDM), money (uang), bahan baku, dan mesin.


Dari keterangan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Manajemen Operasional adalah suatu usaha pengelolaan secara optimalisasi penggunaan semua faktor produksi yang ada baik itu tenaga kerja (SDM), Money (uang), bahan baku, dan mesin, dan faktor produksi yang lainnya dalam proses transformasi untuk menjadi berbagai macam produk barang atau jasa. Didalam manajemen operasional juga harus maximinasi sebuah profit atau laba, dan miniminisasi sebuah cosh (biaya).

Related Posts

No comments:

Post a Comment