--> Konsep Dalam Manajemen Pemasaran dan Macam-Macam Transaksi | Blog ILPeEkom

Friday, September 9, 2016

Konsep Dalam Manajemen Pemasaran dan Macam-Macam Transaksi

| Friday, September 9, 2016
Fungsi Perusahaan
-          Manajemen Pemasaran
-          Manajemen Sumber Daya Manusia
-          Manajemen Keuangan
-         Manajemen Operasionan

Fungsi Manajemen
-          Planning
-          Organizing
-          Actuating
-          Controling

Konsep – Konsep dalam Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran berasal dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran. Menurut Kotler dan Armstring Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-progra, yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan manajemen adalah proses planning, organizing, actuating dan controling.
Pemasar merupakan seorang yang berusaha memperoleh sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai sebagai imbalannya.
Pemasaran merupakan kegiatan manusia yang diarahkan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
Kebutuhan Manusia merupakan
a.        suatu keadaan yang dirasakan ingin diperoleh oleh seseorang
b.      Suatu keadaan merasa kehilangan dalam diri seseorang ( a state of felt defrinaliona a person)
Kebutuhan Fisiologis terdiri dari sandang, pangan, kehangatan, keamanan
Kebutuhan Sosial terdiri atas : perasaan, memiliki, pengaruh dan afeksi
Kebutuhan Pribadi terdiri atas : pengetahuan dan ekspresi diri
Keinginan manusia adalah kebutuhan yang dibentuk oleh kebudayaan dan individualitas seseorang
Permintaan merupakan keinginan yang didukung daya beli.
Produk adalah suatu yang ditawarkan pada suatu pasar untuk mendapatkan oerhatian dimiliki, digunakan, atau dikomsumsi yang bisa memuaskan kebutuhan dan keinginan.

Pengertian Transaksi dan Pertukaran
Transaksi adalah dasar jual beli.
Pertukaran (Exchange) merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan memberikan atau menerima imbalan yang bernilai mirip satu sama lain untuk memperoleh sesuatu yang diinginakan atau dibutuhkan.

Macam – Macam Transaksi dan Contohnya
-          Transaksi dagang
Contohnya : Seorang penjual memberikan suatu barang atau jasa kepada pembeli sebagai imbangan uang si pembeli.
-          Transaksi pekerjaan
Contohnya seorang bos memberikan upah dan fasilitas cuma – Cuma dalam hal perumahan, perawatan anak dan lain-lain kepada karyawan sebagai imbalan atau jasa produktif karyawan yang bersangkutan.
-          Transaksi kewarganegaraan
Contohnya : seorang petugas hansip memberikan perlindungan jasa keamanan kepada warga setempat sebagai imbalan atas pajak dan kerja sama mereka.
-          Transaksi Keagamaan
Contohnya : sebuah pondok pesantren memberikan jasa – jasa keagamaan kepada warga negara dan para santri-santrinya sebagai imbalan dan sumbangan atas waktu mereka.


Related Posts

No comments:

Post a Comment