--> Pengertian,Perencanaan, dan Perkiraan Manajemen Sumber Daya Manusia | Blog ILPeEkom

Sunday, September 11, 2016

Pengertian,Perencanaan, dan Perkiraan Manajemen Sumber Daya Manusia

| Sunday, September 11, 2016

A.                       Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen SDM adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan.


B.                        Pengertian Perencanaan SDM
Perencanaan SDM adalah proses analisis dan identifikasi tersedianya kebutuhan akan sumber daya manusia sehingga organisasi tersebut dapat mencapai tujuan

C.                        Tujuan Perencanaan SDM
Didalam perencanaan sumber daya alam itu pasti memiliki suatu tujuan, tujuan perencanaan SDM yaitu menghubungkan SDM yang ada di dalam  kebutuhan perusahaan untuk dimasa mendatang untuk menghindari mismanajemen dan tumpang tindih dalam melaksanakan tugas.

D.                       Manfaat Perencanaan SDM
a.       Perencanaan SDM yang profesional mendorong usaha menciptakan dan menyempurnakan sistem informasi SDM agar selalu akurat setiap pakai untuk berbagai kegiatan manajemen SDM lainnya.
b. Perencanaan SDM dapat meningkatkan koordinasi antar unit kerja atau departemen yang akan berkelanjutan juga dalam melaksanakan kegiatan manajemen lainnya, bisa dapat dikembangkan dalam melaksanakan kegiatan bisnis lainnya.

E.Pentingnya dalam perencanaan SDM
a.       Tingkat Perorangan
Perencanaan SDM ini sangat penting bagi individu karena perencaanaan ini dapat membantu ketrampilan
b.      Tingkat Perusahaan 
lembaga yang menggunakan perencaanaan ini untuk meningkatkan efektif dan produktif dalam jangka panjang.
c.       Tingkat Nasional
Masalah sumber daya manusia ditingkatkan nasional terkait dengan jumlah, komposisi, keragaman, dan angkatan kerja pada suatu negara.


F. Hambatan Perencanaan SDM
a.       Tujuan yang tidak tepat
b. Sistem kompensasi yang tidak tepat
c. Lingkungan eksternal yang tidak mendukung
d. Kondisi persaingan semakin tajam
e. Tidak memahami organisasi yang semakin dinamis

G.                       Kendala Perencanaan SDM
a.       Standar kemampuan SDM
            standar kemampuan SDM yang pasti belum ada, hal ini  menjadi kendala yang serius dalam perencanaan SDM untuk menghitung potensi SDM secara pasti.
b.      Situasa SDM
            Persediaan mutu dan penyebaran penduduk yang kurang mendukung kebutuhan SDM perusahaan. Hal ini menjadi kendala perencanaan yang baik dan benar.

H.                       Tantangan Dalam Perencanaan SDM 
a.       Tantangan Eksternal contoh : bidang ekonomi, sosial politik, perundang-undangan, teknologi, dan persaingan
b. Tantangan Internal contoh : anggaran, estimasi produk dan penjualan, usaha atau kegiatan baru, dan lain-lainnya.

I. Perkiraan SDM
Jangka Pendek
a.       Analisis anggaran
b. Analisis beban kerja
c. Analisis Struktur Perusahaan
Jangka Panjang
a.       Analisis permintaan unit
b. Analisis permintaan keorganisasian
c. Analisis Trend

1.  Pengertian Job Analisis
Secara Umum Job Analisis adalah suatu proses untuk mengidentifikasi dan menentukan secara rinci tugas-tugas dan persyaratan dari suatu jabatan tertentu

2.  Manfaat Job Analisis
a.       Untuk Keperluan Kinerja
Dalam job analisis, setiap pekerjaan ditetapkan standar-standar kinerja. Para karyawan harus dievaluasi berdasarkan seberapa baik mereka menyelesaikan tugas yang ditetapkan dalam deskripsi pekerjaan mereka dan tujuan spesifikasi lain yang telah ditentukan. 
b.      Untuk Keperluan Kopensasi
Besarnya gaji karyawan itu bergantung pada pekerjaan apa yang mereka lakukan dalam organisasi.

3.  Langkah-Langkah Job Analisis
a.       Menentukan penggunaan hasil informasi Job analisis
b. Mengumpulkan informasi tentang latar belakang
c. Menyeleksi calon pelaksana pekerjaan jabatan yang akan dianalisis
d. Mengumpulkan informasi analisis pekerjaan
e. Meninjau informasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan
f. Menyusun uraian pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan
g. Meramalkan dan memperhitungkan perkembangan perusahaan

4.  Faktor Pendukung Kesuksesan Pelaksanaan Job Analisis
a.       Perekrutan dan seleksi
b. Kompensasi Informasi
c. Evaluasi jabatan
d. Penilaian Prestasi Kerja
e. Latihan Informasi
f. Promosi dan Pemindahan
g. Organisasi
h. Pemerkaya Pekerjaan
i. Penyederhana Pekerjaan
j. Penempatan

5.  Metode Job Analisis
a.       Metode Wawancara
Pekerja diseleksi dan diwawancara secara langsung ditempat pekerjaan atau mereka yang terkait langsung dengan pekerjaan yang dianalisis
b.      Kuisioner
Meminta karyawan mengisi kueisioner untuk menggambarkan tugas-tugas yang berkaitan dengan jawabatan dan tanggung jawab mereka adalah satu cara lain untuk memperoleh informasi job analisis
c.       Metode Observasi
adalah metode yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan mengamati individu yang melakukan pekerjaan itu.

1.  Pengertian Job Description
Job description adalah dokumen formal organisasi yang berisi ringkasan informasi penting mengenai suatu jabatan untuk memudahkan dalam membedakan jabatan yang satu dengan yang lain dalam suatu organisasi.

2.  Manfaat Job Description
a.       Membantu menghindari ketidakpastian dan memberikan pemahaman atau penjelasan tentang apa yang harus dikerjakan
b. Mengeliminasi gap maupun tumpang tindih (overlaping) tanggung jawab
c. Memudahkan prosedur rekrutmen, pelatihan, dan berbagai aktifitas sumber daya manusia lainnya.
d. Membantu karyawan dalam merencanakan karir mereka.

3.  Perbedaan Job Analysis dengan Job Description
a.       Analisis pekerjaan merupakan proses pengumpulan dan pemeriksaan atas aktifitas kerja. Deskripsi pekerjaan merupakan dokumen yang menyediakan informasi mengenai kewajiban, tugas, dan tanggung jawab dari pekerjaan. spesifikasi pekerjaan merupakan keahlian, pengetahuan, dan kemampuan yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan.

b. Deskripsi pekerjaan lebih berhubungan dengan organisasi, struktur, tanggung jawab, dan hubungan diantaranya. Deskripsi pekerjaan merupakan peta organisasional yang menunjukkan tujuan pekerjaan dan apa yang harus dikerjakan untuk mencapai tujuan organisasi.


Related Posts

No comments:

Post a Comment