--> Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia | Blog ILPeEkom

Tuesday, September 6, 2016

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

| Tuesday, September 6, 2016
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan dan masyarakat menjadi maksimal.


Perlu kita garis besar didalam Sumber daya manusia itu ada karyawan dan tenaga kerja, maksutnya itu seorang manager didalam memberikan upah terhadap karyawan haruslah adil. Contohnya : Karyawan yang memiliki istri, dan anak, haruslah sangat diperhatikan dalam hal kesehatan anak dan istri, pendidikan anak dari karyawan itu. Dengan diperhatikan macam itu maka karyawan yang berkerja di perusahaan itu akan merasa loyal.

Didalam Manajemen Sumber Daya Manusia itu ada Proses Kerja meliputi disiplin, kualitas diri dan kemampuan kerja. Macam-macam proses kerja antara lain : 1. Secara teknis, contohnya karyawan A bekerja di sebuah PT maju mundur karyawan tersebut bekerja dengan baik bagaimana cara memainkan mesin pabrik sesuai dengan prosedur yang baik. 2. Dalam arti pengembangan, contohnya ketrampilan. 3. Learning proses contohnya mengembangkan diri.

Kemudian yang dikeluarkan Manajemen Sumber daya manusia itu adalah Kinerja. Kinerja karyawan dilihat baik atau tidaknya itu dari
-          disiplin masuk kerja contohnya Karyawan A berangkat kerjanya selama 1 bulan penuh bekerja tanpa terlambat dan tidak pernah ijin dibandingkan karyawan B kerjanya kadang tepat kadang telat pernah juga tidak berangkat kerja tanpa keterangan apun maka Karyawan A kinerjanya baik.
-           membandingkan target karyawan A dan karyawan B ada contoh Karyawan A disuruh membuatkan laporan satu hari bisa selesai dengan tepat waktu dan benar dibandingkan Karyawan B disuruh membuatkan laporan satu hari tidak selesai dan laporannya belum benar, maka seorang manager menilai bahwa karyawan A kinerjanya lebih baik.

-          Kinerja karyawan itu bisa baik  apabila keinginan karyawan itu selalu disanggupi oleh manager, misal karyawan yang bekerja di perusahaan A sedang lembur maka mendapatkan tunjangan yang besar dari pada karyawan yang tidak ikut lembur.

Related Posts

No comments:

Post a Comment