--> Tips dan Sukses dalam Menghadapi Wawancara Kerja | Blog ILPeEkom

Thursday, August 29, 2019

Tips dan Sukses dalam Menghadapi Wawancara Kerja

| Thursday, August 29, 2019
Kembali lagi di blog ilpeEkom ini, blog yang sederhana namun semoga bermanfaat bagi pembaca blog saya ini. Disini saya akan memberikan artikel tentang Tips dan Sukses menghadapi wawancara kerja, bahwa proses ini yang anda akan lakukan jika anda ingin masuk suatu perusahaan yang anda lamar. Oke langsung saja saya akan berikan artikel ini, dan sebisa mungkin baca dari awal hingga selesai supaya anda paham dan bisa diterapkan pada saat tes wawacara kerja.


Wawancara kerja ini salah satu aspek penting dalam proses rekrutmen dan seleksi calon tenaga kerja di perusahaan. Dalam tes wawancara kerja ini memiliki berbagai informasi penting untuk mengetahui informasi dari tenaga kerja barunya yang dilakukan oleh manajer perusahaan, dan pada tahap ini merupakan gerbang pembuka lolosnya anda keperusahaan yang anda lamar.


Mengingat bahwa wawancara kerja ini kita harus memiliki performance dalam wawancara kerja adalah suatu hal yang krusial dalam menentukan apa pelamar diterima atau ditolak di perusahaan tersebut. Bagi perusahaan wawancara kerja sebagai salah satu cara untuk menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan didalam perusahaan tersebut. Tujuan adanya wawancara kerja antara lain :
1.      Untuk mengetahui kepribadian pelamar
2.      Mencari informasi yang releven yang dituntut dalam persyaratan jabatan
3.   Membantu perusahaan untuk mengidentifikasi calon tenaga kerja baru yang layak untuk diberikan pekerjaan.

Meski anda sudah memiliki pengalaman, keahlian dan pintar dalam wawancara kerja sebaiknya anda baca penjelasan dibawah ini tips supaya bisa lolos tes wawancara kerja.

1.2               Beri jeda saat menjawab

Pada saat anda diberikan pertanyaan kepada HRD pasti dipikiran anda ingin sekali langsung menjawab pertanyaan tersebut. sehingga anda menunjukkan sikap yang sangat antusias dalam menjawab pertanyaan itu, bahwa sikap tersebut sikap yang kurang tepat pada saat wawancara. Maka dari itu lebih baik anda harus ada jeda beberapa detik dalam anda menjawabnya. Hal ini bertujuan bahwasannya anda terlihat seolah-olah sedang mempertimbangkan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh HRD.

2.2              Kenalan dengan perusahaan yang bersangkutan

Kamu harus mengetahui luar dan dalam perusahaan itu jika ingin masuk didalam perusahaan tersebut dan bisa sukses dalam wawancara. Dalam hal ini anda harus mencari informasi perusahaan itu lewat internet, agar mengetahui peraturan dan kebudayaan sehari-hari didalam perusahaan itu. Sehingga pada saat anda wawancara kamu memiliki kepercayaan diri meninggkat pada saat wawancara kerja.

3.2              Gunakan bahasa tubuh yang baik

Kemampuan anda dalam hal berkomunikasi seta bahasa tubuh juga memiliki peran penting pada saat wawancara kerja. Pasang senyum tulus, berbicaran dengan sopan, tatap HRD dengan ramah dan sesekali kamu juga boleh melempar tawa agar pada saat wawancara tidak terasa kaku. Dalam hal ini anda harus hindari posisi duduk bersandar, karena dapat menimbulkan kesan pemalas, duduk secara tegak, dan letakkan kedua tangan diatas meja sehingga dapat menciptakan bentuk antusiasme kamu pada saat wawancara kerja.

4.2              Jabatan tangan anda dapat menggambarkan diri anda

Berjabat tangan ini merupakan hal yang lumrah pada saat wawancara. Walaupun terlihat lumrah, hal ini dapat menentukan sukses tidaknya anda dalam wawancara. Pada saat melakukan jabatan tangan anda dapat merasakan seberapa kuat rasa percaya diri anda, kepanikan dan agresif.

5.2              Menjaga gerakan tangan

Ketika wawancara sedang dilakukan hindari gerakan tangan yang bermain sendiri, contohnya menggerakkan tangan terlalu aktif, dan memainkan benda yang ada disekitar anda, maka dalam hal ini anda dianggap orang yang kurang percaya diri sebisa mungkin hindari sikap hal itu. Lebih baik pada saat wawancara posisi tangan tenang dan santai, maka posisi inilah yang membawa diri anda tetap percaya diri pada saat wawancara kerja.

6.2              Perhatikan keselarasan pakaian

Penampilan anda pada saat melakukan tes wawancara kadang tidak diperhatikan. Padahal pakaian saat wawancara kerja bisa menentukan anda lolos atau tidaknya anda ke tahap berikut, sebisa mungkin gunakan paduan warya yang tidak terlalu heboh agar terlihat elegan pada saat wawancara. Misalnya kamu bisa pake kemaja berkerah warna putih dan celana bahan warna hitam. Serta aroma tubuh jangan sampai lupa.

7.2              Jernihkanlah Pikiran anda

Sehari sebelum melakukan tes wawancara kerja, anda sebaiknya untuk membersihkan dari hal-hal yang negatif. Anda dapat melakukan olah raga ringan di hari sebelumnya dan pada malam harinya istirahat yang cukup, supaya pada saat wawancara dapat menghilangkan stress dan selain itu juga anda terlihat fresh pikiran dan siap untuk melakukan wawancara pada keesokkan harinya.
   Itulah tujuh hal yang harus anda siapkan sebelum melakukan tes wawancara kerja, jangan lupa berdoa, dan selalu percaya diri supaya lolos wawancara kerja dan diterima di perusahaan yang dilamar.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Tips dan sukses menghadapi wawancara kerja, semoga bermanfaat bagi pembaca blog saya ini. Semoga anda senang dengan blog IlpeEkom ini dan untuk mengetahui update artikel terbaru.

Sebelum anda meninggal artikel ini, saya sangat senang sekali jika anda berkenan untuk share artikel Tips dan sukses menghadapi wawancara kerja, supaya orang terdekat anda, sahabat, teman dan orang yang membutuhkan informasi dari blog ini dan dapat bisa membaca artikel ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungan ke blog yang sederhana ini, dan semoga anda memperoleh ilmu yang bermanfaat setelah membaca artikel Tips dan sukses menghadapi wawancara kerja serta diberikan kesuksesan dan kelancaran dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Related Posts

No comments:

Post a Comment