--> Barisan Dan Deret Geometri | Blog ILPeEkom

Friday, January 15, 2016

Barisan Dan Deret Geometri

| Friday, January 15, 2016

            Sudah lama saya tidak posting diblog ini, kali ini saya sedikit memberikan informasi tentang Barisan dan Deret Geometri. Saya dapatkan ini saat saya masih kuliah di semester 1. Oke tidak usah panjang lebar langsung saya jelaskan. ..

            Barisan Geometri adalah barisan bilangan yang mempunyai rasio (pembanding) yang tetap antara dua suku yang berurutan dan rasio dinotasikan dengan r.
Contoh : 2,4,8,16, ...
Dalam bilangan tersebut memiliki rasio 2.
Rumus menghitung Rasio
R= U2 ÷ U1
Lalu selanjutnya Rumus Menghitung Suku Ke-n
Un = a.rn-1
Rumus jumlah suku ke-n
Sn = a(1-rn)        atau  Sn = a(rn – 1)
         1-r                                r-1


Keterangan:
a          = suku pertama
r           = rasio
Un          = Suku Ke-n
Sn           = Jumlah suku ke-n
n          = Banyaknya suku

Contoh soal Barisan Geometri
a.       3, 6, 12
Carilah nilai R, suku ke-5 dan Jumlah 5 suku pertama
Jawaban
R = U2 ÷U1
R = 6 ÷ 3
R = 2

U5 = Arn-1
U5 = 3.25-1
U5 = 3.24
U5 = 3.16
U5 = 48

 S5 = a(1 - rn)
            1-r
S5 = 3 (1 – 25)
            1-2
S5 = 3 (1-32)
            -1
S5 = 3.(-31)
            -1
S5 = -93


Sekian Postingan saya ini semoga bermanfaat bagi pembaca blog saya ini, apabila ada kesalahan tolong dibenerin dikolom komentar ini ya sob. Terima Kasih

Related Posts

No comments:

Post a Comment