--> Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word | Blog ILPeEkom

Thursday, November 5, 2015

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word

| Thursday, November 5, 2015
                Dulu saya membuat daftar isi dengan manual, yaitu kita harus melihat nomor halaman yang akan dibuatkan di daftar isi.  Tetapi sekarang tidak lagi, karena di word sudah menyediakan membuatkan daftar isi secara otomatis. Kita tidak usah melihat bab 1 di halaman berapa, bab 2 di halaman berapa dsb. Berbeda dengan daftar isi secara otomatis kita hanya mengikuti beberapa langkah, maka daftar isi yang kita buat sudah secara otomatis terbuat.




Bagi orang yang senang menulis  sebuah buku, novel, dan skripsi bagi mahasiswa yang akan wisuda, seharusnya menggunakan trick ini karena sangat membantu buat kalian, dan bisa menghemat waktu. Hasil yang ditampilkan akan terlihat rapi.

Maka untuk lebih jelas dan mengerti ikutilah langkah dibawah ini :

1.      Buka lembar microsoft word, dan kita umpamakan bahwa di lembaran word tersebut sudah ada artikel yang akan dibuatkan daftar isi.

2.      Kita harus mengetahui apa itu fungsi Heading 1 yaitu untuk judul artikel tersebut, misalnya BAB I, BAB II dll. Heading 2 yaitu untuk sub judul. Bahwa setiap kalimat harus diberikan style heading 1 dan heading 2 untuk membuat daftar isi secara otomatis
Cara membuatkan Heading 1, Heading 2, Heading 3

lihat gambar 1.1
Gambar 1.1 Cara membuat Heading di Microsoft Word

Kita harus mengatur style masing-masing heading contonya “BAB II Perusahaan” kita blog dulu lalu pilih style heading 1. Begitu juga apabila ingin membuat heading 2 sama saja dengan cara buat heading 1. Lalu apabila artikel sobat itu bukan judul maka hanya pilih style normal.

3.      Setelah mengatur style heading, maka kursor kita letakkan paling atas, untuk membuatkan daftar isi secara otomatis.

4.      Cara membuatkan daftar isi otomatis yaitu pilih References -> Table of Contents -> pilih automatic table 1.

Atau sobat bisa lihat gambar 2.1

Gambar 2.1 Cara membuat Daftar isi secara otomatis

Maka Akan tampilannya daftar isi  yang sudah kita buat seperti gambar 3.1
Gambar 3.1 yaitu tampilan daftar isi yang sudah kita buat secara otomatis

5.      Lalu kita edit kata content menjadi daftar isi. Lalu caranya selanjutnya apabila sobat mengedit buku itu sehingga nomor halaman itu berubah, maka cara merubahnya di daftar isi dengan cara pilih Update table.. update page number only fungsinya hanya untuk mengaupdate nomor halaman saja. Sedangkan yang update entire table fungsinya mengubah secara keseluruhan.

Caranya bisa sobat lihat digambar 4.1
Gambar 4.1 cara merubah nomor halaman


Sekian Postingan saya ini semoga bermanfaat bagi para pembaca blog saya ini, dan apabila ada kesalahan minta tolong dibetulkan, dan apabila ada yang kurang paham mengenai artikel ini, bisa tuliskan di kolom komentar blog ini. Terima kasih !!!

Related Posts

No comments:

Post a Comment