1. Apakah
yang saudara ketahui merger dan akuisisi
2. Berikan
contoh-contoh pelaksanaan merger dan akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan
pemerintah dan nasional?
3. Bedakan
antara perencanaan strategi dan operasional?
4. Berikan
contoh visi,misi dan tujuan 3 perusahaan BUMN dan Swasta
Jawaban.
1. Merger
merupakan penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu.
Akuisisi merupakan
pembelian mayoritas saham sebuah perusahaan oleh individu atau organisasi.
2. Contoh
pelaksanaan merger : Bank Danamon, Bank BCA, Bank Cimb niaga, dan bank permata
Contoh
pelaksanaan akuisisi : aqua yang diakuisisi danone
3. Perencanaan
operasional adalah perencanaan jangka pendek yang dirancang untuk menerjemahkan
rencana jangka panjang kedalam serangkaian kegiatan yang lebih rinci.
Perencanaan
strategi adalah proses pemilihan tujuan-tujuan organisasi penentuan strategi,
program-program strategi, dan penetapan metode-metode yang diperlukan untuk
menjamin bahwa strategi dan kebijakan telah diimplementasikan.
4. Perusahaan
BUMN
a. PT
bio Farma (persero)
Visi
: menjadi perusahaan life science kelas dunia yang bedayasaing global
Misi
: menyediakan dan mengembangkan produk life science berstandar internasional
untuk meningkatkan kualitas hidup.
Tujuan
: untuk meningkatkan nilai yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan
perusahaan dengan menjadi perusahaan life science yang berdaya saing global
b. PT
kereta api indonesia (persero)
Visi
: menjadi penyedia jasa perketaapian terbaik yang fokus pada pelayanan
pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.
Misi
: menyelenggarakan bisnis perkerataapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalu
praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nialai tambah yang
tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama :
keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan kenyamanan.
Tujuan
: memberikan pelayanan jasa yang berkualitas dan berorientasi kepada kepuasan
pengguna jasa kereta api melalui pengelolaan secara profesional.
c. Pt
telkom atau telekomunikasian indonesia (persero)
Visi
: menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan telecommunication,
informatian, media, edutarment dan sevis dikawasan regional.
Misi
: menyediaan layanan (Times) yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
Tujuan
: menjadi posisi terdepan yang memperkokoh bisnis legacy dan meningkatkan
bisnis newwave
Perusahaan
swasta
a. PT
djarum
Visi
: menjadi yang terbesar dalam nilai penjualan dan profitabilitas diindustri
rokok indonesia.
Misi
: PT djarum hadir untuk memuaskan kebutuhan merokok para perokok
Tujuan
: untuk menjadi
institusi yang terbaik dalam memajukan Indonesia sebagai negara yang digdaya
seutuhnya di bidang sosial, olahraga, lingkungan, pendidikan, dan budaya.
b. PT
indofood
Visi
: menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk
bermutu, berkualitas, aman untuk dikomsumsi dan menjadi pemimpin di industri
makanan.
Misi
: menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama indonesia dibidang
industri makanan.
Tujuan
: memperluas bidang usaha secara terus menerus melalu bidang usaha internal
maupun pengembangan usaha strategis.
c. PT
agung podomo grup
Visi
: menjadi pengembang terpadu dalam bisnis properti dan berkomitmen penuh untuk
memberikan nilai yang optimal bagi pelanggan, rekan usaha pemegang saham dan
masyarakat.
Misi
: memenuhi kebutuhan masyarakat akan perumahan dan arpa komersial yang
berkualitas
Mengoptimalkan pengembalian investasi
dari rekan usaha dan pemegang saham.
Menjadi perusahaan pengembang yang
mampu memberikan nilai lebih bagi karyawan.
Berperan aktif untuk mendukung
program pemerintah dalam rangka mendorong pembangunan perkotaan dan dalam
meningkatkan indeks pengembang manusia.
No comments:
Post a Comment