--> Pengertian Merger dan Akuisisi | Blog ILPeEkom

Saturday, October 8, 2016

Pengertian Merger dan Akuisisi

| Saturday, October 8, 2016
1.      Apakah yang saudara ketahui merger dan akuisisi
2.      Berikan contoh-contoh pelaksanaan merger dan akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan pemerintah dan nasional?
3.      Bedakan antara perencanaan strategi dan operasional?
4.      Berikan contoh visi,misi dan tujuan 3 perusahaan BUMN dan Swasta


Jawaban.
1.      Merger merupakan penggabungan dua atau lebih perusahaan menjadi satu.
Akuisisi merupakan pembelian mayoritas saham sebuah perusahaan oleh individu atau organisasi.
2.      Contoh pelaksanaan merger : Bank Danamon, Bank BCA, Bank Cimb niaga, dan bank permata
Contoh pelaksanaan akuisisi : aqua yang diakuisisi danone
3.      Perencanaan operasional adalah perencanaan jangka pendek yang dirancang untuk menerjemahkan rencana jangka panjang kedalam serangkaian kegiatan yang lebih rinci.
Perencanaan strategi adalah proses pemilihan tujuan-tujuan organisasi penentuan strategi, program-program strategi, dan penetapan metode-metode yang diperlukan untuk menjamin bahwa strategi dan kebijakan telah diimplementasikan.
4.      Perusahaan BUMN
a.       PT bio Farma (persero)
Visi : menjadi perusahaan life science kelas dunia yang bedayasaing global
Misi : menyediakan dan mengembangkan produk life science berstandar internasional untuk meningkatkan kualitas hidup.
Tujuan : untuk meningkatkan nilai yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan perusahaan dengan menjadi perusahaan life science yang berdaya saing global
b.      PT kereta api indonesia (persero)
Visi : menjadi penyedia jasa perketaapian terbaik yang fokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi harapan stakeholders.
Misi : menyelenggarakan bisnis perkerataapian dan bisnis usaha penunjangnya, melalu praktek bisnis dan model organisasi terbaik untuk memberikan nialai tambah yang tinggi bagi stakeholders dan kelestarian lingkungan berdasarkan 4 pilar utama : keselamatan, ketepatan waktu, pelayanan kenyamanan.
Tujuan : memberikan pelayanan jasa yang berkualitas dan berorientasi kepada kepuasan pengguna jasa kereta api melalui pengelolaan secara profesional.
c.       Pt telkom atau telekomunikasian indonesia (persero)
Visi : menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan telecommunication, informatian, media, edutarment dan sevis dikawasan regional.
Misi : menyediaan layanan (Times) yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
Tujuan : menjadi posisi terdepan yang memperkokoh bisnis legacy dan meningkatkan bisnis newwave

Perusahaan swasta
a.       PT djarum
Visi : menjadi yang terbesar dalam nilai penjualan dan profitabilitas diindustri rokok indonesia.
Misi : PT djarum hadir untuk memuaskan kebutuhan merokok para perokok
Tujuan : untuk menjadi institusi yang terbaik dalam memajukan Indonesia sebagai negara yang digdaya seutuhnya di bidang sosial, olahraga, lingkungan, pendidikan, dan budaya.
b.      PT indofood
Visi : menjadi perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan produk bermutu, berkualitas, aman untuk dikomsumsi dan menjadi pemimpin di industri makanan.
Misi : menjadi perusahaan transnasional yang dapat membawa nama indonesia dibidang industri makanan.
Tujuan : memperluas bidang usaha secara terus menerus melalu bidang usaha internal maupun pengembangan usaha strategis.
c.       PT agung podomo grup
Visi : menjadi pengembang terpadu dalam bisnis properti dan berkomitmen penuh untuk memberikan nilai yang optimal bagi pelanggan, rekan usaha pemegang saham dan masyarakat.
Misi : memenuhi kebutuhan masyarakat akan perumahan dan arpa komersial yang berkualitas
            Mengoptimalkan pengembalian investasi dari rekan usaha dan pemegang saham.
            Menjadi perusahaan pengembang yang mampu memberikan nilai lebih bagi karyawan.

            Berperan aktif untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mendorong pembangunan perkotaan dan dalam meningkatkan indeks pengembang manusia.

Related Posts

No comments:

Post a Comment