Pengertian
Harga
Harga adalah suatu
nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang lain untuk manfaat yang
diperoleh dari suatu barang atau jasa bagi seseorang atau kelompok pada waktu
tertentu dan tempat tertentu.
Tujuan
Penetapan Harga
Tujuan
berorientasi pada laba.
Ini
didasarkan pada asumsi teori ekonomi klasik yang menyatakan bahwa setiap
perusahaan selalu memilih harga yang dapat menghasilkan laba yang maksimum.
Tujuan
berorientasi pada volume.
Dimana
harga ditetapkan sedemikian rupa agar dapat mencapai target volume penjualan,
nilai penjualan, ataupun untuk menguasai pangsa pasar.
Tujuan berorientasi pada citra
Perusahaan
dapat menetapkan harga tinggi untuk membentuk dan mempertahankan citra
perusahaan.
Tujuan
Stabilisasi harga.
Tujuan
stabilisasi dilakukan dengan jalan menetapkan harga untuk mempertahankan
hubungan yang stabil antara harga suatu perusahaan dan harga pemimpin industri
Tujuan-tujuan
lainnya.
Penetapan
harga dapat juga bertujuan untuk mencegah masuknya persaingan, mempertahankan
loyalitas.
Faktor-Faktor
Yang Mempengarui Harga
Faktor Internal Perusahaan
Tujuan
pemasaran perusahaan
Biaya
Pertimbangan
Organisasi
Faktor Eksternal Perusahaan
Pasar
dan Permintaan
Persaingan
Pengertian
Permintaan
Permintaan adalah
jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu.
Faktor-Faktor
Yang Mempengarui Permintaan
Harga barang lain
Rata-rata pendapatan
Estimasi
Pengertian
Penawaran
Penawaran
adalah jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu.
Faktor-Faktor
Yang Mempengarui Penawaran.
Harga barang itu sendiri
Harga barang pengganti
Biaya produksi
Kemajuan teknologi
Pajak
Perkiraan harga dimasa mendatang
No comments:
Post a Comment