--> Membangun nilai, kepuasan, loyalitas pelanggan | Blog ILPeEkom

Thursday, November 3, 2016

Membangun nilai, kepuasan, loyalitas pelanggan

| Thursday, November 3, 2016
1.Bagaimana cara membangun nilai barang dan jasa
2. menciptakan kepuasan barang dan jasa
3. dan mempertahankan loyalitas barang dan jasa

Jawaban

1.      Nilai itu adalah sesuatu yang berharga, bermutu menunjukkan kualitas dan berguna bagi manusia.  Lalu cara membangun nilai suatu barang itu bisa dari peningkatan kualitasnya pada pelanggan yang sudah membeli barang di perusahaan tersebut.

2.      Kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan pelanggan setelah membandingkan apa yang dia terima dan harapannya. Terciptanya sutau kepuasan  pelanggan itu jika kinerja yang dilakukan oleh perusahaan memenuhi ekspetasi maka pelanggan akan puas, namun jika kinerja itu tidak memenuhi eskpetasi maka pelanggan sangat tidak puas. Membentuk suatu ekspetasi itu dari pengalaman pembelian masa lalu, nasihat temen serta informasi dari pemasar. Misalkan perusahaan cuci mobil A itu menerapkan peraturan, jika ada orang yang sudah mencuci mobil itu sebanyak 5x maka yang ke 6nya gratis itu tanpa mengenal periode waktu kapan pun. Namun ada juga perusahaan cuci mobil B, memiliki peraturan yang sama dengan perusahaan cuci mobil yang A namun bedanya yaitu mengenal periode waktu. Maksutnya ada orang yang mencuci mobil diperusahaan B pada saat ke 6x itukan satunya gratis, namun perusahaan B itu menerapkan gratisnya itu masih dalam waktu 1 periode jika sudah lewat dalam 1 periode maka peraturan itu tidak berlaku. Dari hasil ilustrasi tersebut maka pelanggan mendapatkan suatu kepuasan yang maksimal itu di perusahaan cuci mobil A.

3.      Loyalitas pelanggan secara harfiah loyal berarti setia atau loyalitas dapat diartikan sebagai suatu kesetiaan. Loyalitas suatu pelanggan itu bisa dipertahankan
-jika perusahaan menawarkan suatu program yang menarik untuk menjaga loyalitas.  Misalkan disuatu mall di daerah kota pekalongan itu sekarang mulai menawarkan suatu member khusus  yang akan memberikan banyak keuntungan bagi para pelanggan yang setia ada, contoh menawarkan diskon khusus bagi pelanggan yang memiliki kartu member disitu untuk menjaga loyalitasnya.
- memberikan pelayanan yang baik supaya menjaga loyalitas pelanggan

Misalkan orang itu biasa memakai biro jasa travel A, didalam biro jasa travel itu memberikan suatu fasilitas yang baik kepada penggunanya dan pelayanan yang ramah. Suatu ketika orang ingin pergi ke luar kota, biasanya menggunakan travel A, pada saat itu biro itu sudah banyak orderan maka, orang yang biasa langganan itu ditidak bisa memakainya, sehingga orang itu perpindah ke jasa biro travel b yang memiliki fasilitas yang sama dengan travel a. Dari disinilah pelanggan tersebut memiliki suatu loyalitas kepada barang yang biasa dipakai sejak awal atau berganti ke barang yang baru dikenalnya.

Related Posts

No comments:

Post a Comment