1.Bagaimana cara
membangun nilai barang dan jasa
2. menciptakan
kepuasan barang dan jasa
3. dan
mempertahankan loyalitas barang dan jasa
Jawaban
1.
Nilai
itu adalah sesuatu yang berharga, bermutu menunjukkan kualitas dan berguna bagi
manusia. Lalu cara membangun nilai suatu
barang itu bisa dari peningkatan kualitasnya pada pelanggan yang sudah membeli
barang di perusahaan tersebut.
2.
Kepuasan
pelanggan adalah tingkat perasaan pelanggan setelah membandingkan apa yang dia
terima dan harapannya. Terciptanya sutau kepuasan pelanggan itu jika kinerja yang dilakukan
oleh perusahaan memenuhi ekspetasi maka pelanggan akan puas, namun jika kinerja
itu tidak memenuhi eskpetasi maka pelanggan sangat tidak puas. Membentuk suatu
ekspetasi itu dari pengalaman pembelian masa lalu, nasihat temen serta
informasi dari pemasar. Misalkan perusahaan cuci mobil A itu menerapkan
peraturan, jika ada orang yang sudah mencuci mobil itu sebanyak 5x maka yang ke
6nya gratis itu tanpa mengenal periode waktu kapan pun. Namun ada juga
perusahaan cuci mobil B, memiliki peraturan yang sama dengan perusahaan cuci
mobil yang A namun bedanya yaitu mengenal periode waktu. Maksutnya ada orang
yang mencuci mobil diperusahaan B pada saat ke 6x itukan satunya gratis, namun
perusahaan B itu menerapkan gratisnya itu masih dalam waktu 1 periode jika
sudah lewat dalam 1 periode maka peraturan itu tidak berlaku. Dari hasil
ilustrasi tersebut maka pelanggan mendapatkan suatu kepuasan yang maksimal itu
di perusahaan cuci mobil A.
3.
Loyalitas
pelanggan secara harfiah loyal berarti setia atau loyalitas dapat diartikan
sebagai suatu kesetiaan. Loyalitas suatu pelanggan itu bisa dipertahankan
-jika
perusahaan menawarkan suatu program yang menarik untuk menjaga loyalitas. Misalkan disuatu mall di daerah kota pekalongan
itu sekarang mulai menawarkan suatu member khusus yang akan memberikan banyak keuntungan bagi
para pelanggan yang setia ada, contoh menawarkan diskon khusus bagi pelanggan
yang memiliki kartu member disitu untuk menjaga loyalitasnya.
- memberikan
pelayanan yang baik supaya menjaga loyalitas pelanggan
Misalkan orang
itu biasa memakai biro jasa travel A, didalam biro jasa travel itu memberikan
suatu fasilitas yang baik kepada penggunanya dan pelayanan yang ramah. Suatu
ketika orang ingin pergi ke luar kota, biasanya menggunakan travel A, pada saat
itu biro itu sudah banyak orderan maka, orang yang biasa langganan itu ditidak
bisa memakainya, sehingga orang itu perpindah ke jasa biro travel b yang
memiliki fasilitas yang sama dengan travel a. Dari disinilah pelanggan tersebut
memiliki suatu loyalitas kepada barang yang biasa dipakai sejak awal atau
berganti ke barang yang baru dikenalnya.
No comments:
Post a Comment