--> 10 pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara beserta jawabannya | Blog ILPeEkom

Thursday, August 29, 2019

10 pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara beserta jawabannya

| Thursday, August 29, 2019

Sesi wawancara ini merupakan sebuah proses melamar pekerjaan kerap menjadi tahap yang menakutkan bagi para pencari kerja. Apalagi mereka yang masih berstatus fresh graduate, pasti gugup, tangan berkeringat, dan otak mendadak untuk berfikir kadang tidak bisa pada saat melakukan tes wawancara.

Tahapan ini juga krusial karena akan memperlihatkan siapa dirimu sebagai calon karyawan di mata perusahaan, karena itu anda harus benar-benar mempersiapkan diri anda sebaik-baiknya pada saat wawancara. Salah satu persiapan yang terbaik anda harus mengetahui jenis pertanyaan yang paling sering diajukkan pada saat wawancara.

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini yang sering ditanyakan oleh pewawancara. Dalam hal ini anda jangan menghafal jawabannya, karena pewawancara tidak mencari jawaban yang spesifik, tetapi jawaban yang berkualitas. Berikut ini contoh-contoh pertanyaan wawancara beserta jawabannya :

1.      Beritahukan kami tentang diri anda?
Biasanya ini merupakan pertanyaan pembuka, pertanyaan jenis ini ditunjukkan untuk mengetahui karakter anda, maka dalam hal ini anda jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawab. Berikan 3 subjek seperti pendidikan, sejarah kerja, dan pengalaman karier terakhir. Selai itu anda bisa juga menjelaskan keunggulan yang dimiliki anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang anda lamar. Semisal anda melamar pada bagian web designer, sebutkan karakter yang berhubungan dengan pekerjaan seperti kreatif, responsif, mengerti pemograman web design dan sebagainya. Dan anda bisa menyebutkan karakter positif lainnya yang memang anda miliki seperti jujur, pekerja kerar, antusias, loyal terhadap pekerjaan, berdedikasi tinggi dan lainnya.

2.      Apakah yang anda ketahui tentang perusahaan ini?
Ketika pertanyaan ini dikeluarkan anda harus mengetahui sebesar apa keinginan anda untuk bekerja di perusahaan tersebut. Setidaknya anda harus mengetahui profil perusahaan, sejarah, filosofi, dan visi misi, serta nilai-nilai yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam hal ini anda jangan pernah anda membandingkan perusahaan yang anda lamar dengan perusahaan yang anda bekerja sebelumnya. Dan jangan memberikan jawaban negatif contohnya masalah-masalah yang sedang dihadapi perusahaan, pendapat yang kurang baik tentang perusahaan, dan lain-lainnya.

3.      Mengapa kami harus merengkrut anda?
Dalam hal ini anda cukup menyebutkan kemampuan-kemampuan anda yang mampu mendukung perusahaan tersebut.

4.      Apa kelemahan anda?
Anda jangan sekali dan jangan pernah menjawab anda orang malas, dan susah bangun pagi. Anda harus menjawab dengan diplomatis seperti “kelemahan saya kurang bisa bekerja sendiri, jadi harus membangun teamwork yang solid”. Jadi hal ini intinya anda berikan kelemahan anda kemudian anda lakukan untuk mengatasi kelemahan anda.

5.      Pengalaman apa yang anda miliki pada bidang yang anda lamar ini?
Anda jawab spesifik mungkin mengenai keahlian anda pada bidang yang dilamar. Jika anda belum ada pengalaman jawablah dengan jawaban yang mendekati keahlian yang dimaksud.

6.      Jika anda diterima, berapa lama anda akan bekerja di dalam perusahaan ini?
Pertanyaan ini bisa membuat anda sulit dan menjebak, karena manager yang akan menerima anda ingin tahu seberapa besar keinginan anda dalam bekerja di perusahaan ini. Dalam hal ini jangan pernah menyebutkan angka, berapa tahun anda akan bekerja di perusahaan tersebut. buatlah jawaban yang memberitahu pewawancara bahwa anda tertarik untuk berkarier bersama perusahaan untuk mencapai target bersama.

7.      Bagaimana caramu memecahkan masalah?
Pasti saat bekerja anda akan dihadapkan suatu masalah-masalah sulit, seperti permasalahan yang tiba-tiba muncul pada pekerjaanmu sendiri yang bisa membuat kamu tidak tenang. Nah dalam hal ini ada yang pertama ceritakan bagaimana pendapat dan sudut pandangmu mengenai permasalahan yang dialami, kenali dulu penyebabnya. Kemudian lakukan pendekatan terhadap permasalah tersebut dengan solusi yang sesuai, dalam hal ini anda menjawab pertanyaan yang satu ini baiknya jangan terburu-buru dalam menjawab. Ambil beberapa saat untuk memikirkan mengenai permasalahan yang diajukkan. Dengan begitu perekrut kerja akan melihat anda yang memiliki kepribadian yang tidak tergesa-gesa dalam menghadapi masalah dan dapat berpikir yang jernih.

8.      Apa rencana jangka pendek dan jangka panjang untuk perusahaan ini?
Anda sebelumnya sudah mencari tahu informasi dan seluk beluk tantangan yang mungkin dialami di dalam perusahaan. Ceritakan apa rencanamu dalam 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun yang akan datang. Hal ini anda ceritakan potensi perusahaan yang dapat dikembangkan agar semakin maju dalam waktu 3-5 tahun kedepannya. Setelah menerangkan jangka waktu tersebut anda kemudian ceritakan kontribusi yang menurutmu tepat. Dalam hal ini kuncinya suksesnya wawancara adalah mencari tahu dan mempelajari seluk beluk perusahaan impiannmu.

9.      Mengapa anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya?
Pertanyaan jenis ini diberikan oleh pewawancara karena mereka ingin tahu track record anda di dalam pekerjaan sebelumya. Tentu ada alasan yang melatarbelakangi mengapa anda mengajukan surat resign disebuah perusahaan dan mencari pekerjaan baru. Namun hal ini anda jangan menyebutkan masalah konflik pribadi. Jawablah dengan alasan bahwa anda ingin mencari posisi yang lebih baik dan sesuai dengan ketrampilan anda, tunjukkan bahwa anda memiliki keinginan yang besar untuk lebih berkembang di perusahaan yang sedang anda lamar.

10.  Apa itu sukses menurut anda?
Pertanyaan ini dapat menjebak kepada anda karena definisi sukses itu sangat subyektif yang dapat berarti kesuksesan yang anda inginkan di masa mendatang. Namun jangan menjawab dengan jawaban rencana anda untuk meraih kesuksesan di masa mendatang dengan mencari pekerjaan yang lebih baik lagi. Anda harus memberikan gambaran yang tidak terlalu jauh kedepan, karena sukses dimulai melakukan hal-hal kecil. Lebih baik anda bisa menjelaskan tentang yang berhubungan dengan posisi yang sedang anda lamar.

            Nah sekarang anda sudah memahami maksud dari setiap pertanyaan yang diajukan pada saat wawancara kerja. Bahwa setiap pertanyaan memiliki maksud tertentu untuk menilai kepribadian, keahlian dan kompetensi diri anda. Siapkan diri anda sebaik-baiknya agar siap menghadapi segala situasi wawancara kerja.

            Itulah 10 jenis pertanyaan yang harus anda siapkan sebelum melakukan tes wawancara. Dan jangan lupa selalu berdoa agar diberikan kemudahaan, kelancaran dan berhasil dalam tes wawancara kerja.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai 10 pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara beserta jawabannya, semoga bermanfaat bagi pembaca blog saya ini. Semoga anda senang dengan blog IlpeEkom ini dan untuk mengetahui update artikel terbaru.

Sebelum anda meninggalkan artikel ini, saya sangat senang sekali jika anda berkenan untuk share artikel 10 pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara beserta jawabannya, supaya orang terdekat anda, sahabat, teman dan orang yang membutuhkan informasi dari blog ini dan dapat bisa membaca artikel ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kunjungan ke blog yang sederhana ini, dan semoga anda memperoleh ilmu yang bermanfaat setelah membaca artikel 10 pertanyaan yang sering ditanyakan saat wawancara beserta jawabannya serta diberikan kesuksesan dan kelancaran dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Related Posts

No comments:

Post a Comment